fashion pria

Tuesday, June 11, 2013

Tiga hal jadi masalah terbesar negara


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar gemes dengan lambannya reformasi birokrasi. Ia mengaku akan bertindak tegas melakukan perubahan sistem birokrasi guna menciptakan sistem negara yang berkualitas.

“Ada tiga hal yang menjadi permasalahan besar di Indonesia dalam mengentaskan pemasalahan ini. Di antaranya birokrasi yang boros dan tidak efektif karena masih adanya korupsi kolusi dan ne­potisme (KKN) yang masih terjaga apik,” kata Azwar di Jakarta, hari ini.

Azwar juga mengaku pernah dipanggil Presiden untuk segera mengentaskan permasalahan ter­sebut. Apalagi buruknya sistem birokrasi yang ada sekarang 50 persen lebih anggaran daerah tersedot sia-sia untuk belanja pegawai.

Bahkan, permasalahan masih terdapatnya dana fiktif perjalanan dinas pegawai senilai Rp 70 miliar. Hal ini dikarenakan masih berlakunya tindakan KKN di dalam birokrasi.

“Temuan dana fiktif ini harus ditindak tegas. Pejabat yang bertanggung jawab harus dicopot atau dipindahkan ke tempat lain. Tidak boleh dibiarkan di situ, karena menjadi contoh yang tidak baik,” tegas Azwar.

Selain itu, lanjut Azwar, soal infrastruktur di Indonesia yang masih kalah dari negara ASEAN lainnya, terutama Vietnam. Pasalnya, dari anggaran Rp 140 triliun hanya 4 persen yang terserap.

Untuk itu, dia meminta kesedian para aparatur negara mengubah sikap guna menciptakan situasi kondusif dalam struktur kepegawaian. Meski demikian, ia menyadari, untuk menciptakan kekondusifan itu bukan perkara mudah. Sebab, di dalam pemerintahan masih saja ada sikap yang terbelah-belah.

“Ada yang bersikap progresif tapi ada yang sangat berhati-hati, sehingga masalah yang dihadapi saat ini sudah parah. Reformasi birokrasi harus tegas, “ cetusnya.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengamini bahwa jual beli formasi kepegawaian di daerah sudah mencapai titik yang sangat parah. Hal itu jauh dari yang pernah dibayangkan siapa pun, apalagi semakin diperburuk oleh berkembangnya primordialisme sehingga kini muncul pertanyaan apakah birokrasi dewasa ini dapat mempertahankan kesatuan bangsa.

“Mohon kali ini saya jangan didebat. Harus kita akui di daerah terjadi fenomena yang luar biasa dalam jual beli formasi kepegawaian kita. Itu betul-betul di luar kendali dari yang kita desain semua tentang birokrasi,” cetus politisi Partai Golkar itu.

Source :
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=262782:tiga-hal-jadi-masalah-terbesar-negara&catid=59:kriminal-a-hukum&Itemid=91

No comments:

Post a Comment